Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia

Monday, February 10, 2014

Menu Makanan Sehat Gizi Seimbang - 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan Sehat menjadi menu yang seharusnya dikonsumsi oleh setiap orang yang mendambakan hidup sehat secara alami. Untuk makanan sehat yang biasanya kita kenal dengan slogan 4 sehat 5 sempurna tercetus sudah sejak tahun 1950 dan sebagai pencetusnya yaitu Prof. Poerwo Soedarmo dikenal sebagai bapak gizi indonesia.

Komposisi menu makanan 4 sehat 5 sempurna

  1. Makanan Pokok, makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi tubuh. Makanan memiliki kandungan sumber energi tubuh adalah yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat, serta umbi-umbian.
  2. Lauk Pauk, makanan sebagai pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk biasanya memiliki kandungan Protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.
  3. Sayur-sayuran, Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh baik dimasa pertumbungan dan perkembangan dan juga dalam menjaga daya tahan tubuh agar selalu terjaga kesehatannya. Sayuran yang baik adalah yang berwarna hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. Diantaranya sayuran yang banyak digunakan karena banyak manfaatnya adalah bayam, brokoli, tomat, terong dan sayuran hijau lainnya.
  4. Buah-buahan, Buah pada umumnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan hampir semua buah berperan dalam kesehatan tubuh dan menjaganya agar tetap segar bugar.
  5. Susu, Inilah pelengkap makanan 4 sehat yang telah disebutkan diatas sebagai penyempurna dalam melengkapi kesehatan tubuh.

Makanan Sehat yang dikonsumsi sebaiknya memiliki nilai gizi seimbang dengan susunan makanan yang mengandung jenis zat-zat gizi yang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya prisip makanan sehat bergizi adanya keanekaragaman dalam variasi menu makanan diimbangi aktivitas fisik, menjaga kebersihan dan berat badan yang proposional atau ideal. Makanan sehat mencangkup berbagai kebutuhan tubuh, baik itu makanan untuk pertumbungan dan perkembangan maupun makanan untuk mencerdaskan otak dan berbagai yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

No comments:

Post a Comment